Senin, 06 Oktober 2014

Sistem informasi akuntansi *softskill - pertemuan pertama

1. jelaskan definisi sistem akuntansi menurut anda ?
Sistem Informasi Akuntansi menurut saya adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi untuk menghasilkan informasi yang bermafaat bagi perencanaan , pengendalian, dan mengoperasikan bisnis.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan AkuntansiAkuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi

2. jelaskan peranan SIA dalam rantai nilai (value chain) ?
membutuhkan pelaksanaan bagi kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonsepkan dalam bentuk rantai nilai (value chain). Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu: 
1. Inbound logistics terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan- bahan produk dan jasa yang akan dijualnya.
2. Operasi (operations) adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah produk yang sudah jadi.
3. Outbond logistics adalah aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.Pada umumnya organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal itu
4. Pemasaran dan penjualan mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
5. Pelayanan (service) memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan. 
sumber: http://kazovanajah.blogspot.com/2011/09

 3. sebutkan dan jelaskan pihak internal dan pihak external pengguna utama informasi akuntansi ? 
pihak internal 
Manajemen berkepentingan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk tujuan pengendalian/controlling, pengkoordinasian/coordinating dan perencanaan/planning suatu perusahaan. pihak yang melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian organisasi seperti dewan direksi, manajer pemasaran, kepala bagian produksi.
pihak external  
yaitu pihak-pihak yg berada diluar perusahaan atau lembaga. seperti : 
a. Pemilik/investor dan calon pemilik
Pemilik memerlukan akuntansi untuk memenuhi posisi maju/mundurnya perusahaan, sehingga ia dapat menentukan apakah akan mempertahankan perusahaannya, menjual atau menanam modalnya di perusahaan lain.
Calon pemilik dapat menentukan apakah dia akan menanamkan modalnya pada perusahaan itu.
b. Kreditor dan calon kreditor
Informasi akuntansi berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman, sehingga dapat dijadikan pedoman apakah akan di tambah pinjamannya atau justru akan ditarik pinjaman yang telah diberikan.
Bagi calon kreditor berguna untuk menilai resiko yang akan terjadi sebelum pinjaman diputuskan ataru diberikan.
c. Pemerintah
Informasi akuntansi bai pemerintah sangan berguna untuk tujuan pajak dan pengaturannya, pemeriksaan terhadap kebenaran jumlah pajak yang dilaporkan, dan sebagai lat penilai apakah perusahaan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, serta pemantauan perkembangan perusahaan melalui Biro Pusat Statistik.
d. Karyawan
Informasi ekonomi bagi karyawan akan berguna untuk mengetahui kelangsungan hidupnya, maju mundurnya perusahaan yang berguna untuk kemantapan kerja, pertimbangan naik turunnya gaji dan jaminan social.
e. Pelanggan
Informasi ekonomi berguna untuk mengevaluasi hubungan usaha hubungan usaha dengan perusahaan, dan menentukan kelanjutan hubungan di masa yg akan mendatang. 
sumber: http://muhkhudrimalik.wordpress.com/2009/01/22/bab-i-sejarah-pengertian-pemakai-dan-macam-akuntansi/
4. jelaskan fungsi SIA dalam suatu organisasi ?
 Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi
5. sebutkan dan jelaskan aplikasi-aplikasi teknologi informasi pada suatu organisasi ? min 5. 
a. transaction processing system
b. proces conrol system
c. enterprise collaboration system
d. management information system
e. decision support system
f. executive information system 
sumber: http://desi47e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/12/10/aplikasi-sistem-informasi-berbasis-teknologi-dalam-perusahaanorganisasi/